Perjalananku Menuju Puncak Gunung Rinjani 3726 Mdpl


Sepenggal Cerita Petualang dari Rinjani Perjalananku menuju puncak syurganya para pendaki (Gunung Rinjani) yang sudah aku rencanakan sejak dulu dan baru kesampaian pada tanggal 23-28 Oktober 2011.
Montain Rinjani it's very baeutiful... diambil dari pelawangan senaru

Asal Nama rinjani
Rinjani artinya “Tinggi” Suatu legenda menceritakan Datu Tawun dan Ratu Dewi Mas yang terpisah selama bertahun-tahun hanya karena kesalah pahaman belaka. Pertemuan kembali dengan kedua anaknya yang menyebabkan mundurnya sang Datu dan putrinya Dewi Anjani ketengah pegunungan Lombok. Saat bermeditasi diatas gunung mencari jalan hidup, Dewi Anjani dipanggil oleh jin wanita untuk dijadikan pimpinan mereka dan gunung itu diberi nama sesuai namanya.
Gunung Rinjani berketinggian 3726 Mdpl merupakan puncak gunung berapi tertinggi diIndonesia kedua setelah Gunung Kerinci – Jambi yang memilki ketinggian 3800 Mdpl. Lereng berhutan Gunung Rinjani berfungsi sebagai penahan utama air untuk seluruh Lombok. Bentuk gunung berapi yang dramatis tercipta jutaan tahun lalu dari letusan dahsyat yang membentuk kawah, dan erosi. Proses itu berkelanjutan hingga saat ini. Karena itu pendakian rinjani sebaiknya dilakukan dengan persiapan yang baik. Gunung Rinjani dianggap suci bagi orang Sasak dan Bali, peziarah dari berbagai bagian Indonesia mendaki lereng ini untuk menghormati Roh-roh yang menghuni gunung dan untuk mandi pada sumber air panas yang mujarab (Sumber Dinas Periwisata Taman Nasional Gunung Rinjani).

Rinjani Summit it's very beautiful
           Medan pendakian yang sering digunakan adalah sembalun lawang. Sebaiknya perjalanan utama pada sore hari agar tidak terlalu panas & menghabiskan tenaga. tantangan utama yang mesti ditempuh adalah padang sabana yang indah, luas dan berbukit serta sedikit berdebu. berbeda jauh dengan Gunung2 yg ada dijawa yg biasanya banyak dengan hutan Homogen dan Heterogen. perjalanan ± 2jam maka akan sampai di pos 1. menuju pos 2 ± 30 menit menuju pos 3 ± 2jam perjalan. disini bisa menemukan sumber air. hanya saja tempatnya lumayan jauh.. sebaiknya camp dulu kalau perjalanan anda sore hari. camp dipos 3 karena  perjalanan selanjutnya banyak punggungan dan lembah yg berbahaya jika tenaga qta mulai loyo, selanjutnya juga ditemui yg katanya nama jalurnya penderitaan dan jalur penyesalan.(tapi aku mengatakan ini jalur yg sangat eksotis).disini yg akan membuat kita bener2 butuh tenaga ekstra. karena perjalanan track sampai 80° ga kebayngkan...bener2 bisa membuat kita menderita dan menyesal, karena perjalanan munuju pelawangan memakan waktu sampai ± 7jam kelas pemula... jika dihitung dari Basecamp yang seharusnya ± 7-8 jam sampai ke pelawangan (Kalau jalannya cpet). Sebagian besar jalur pendakian sembalun ini dipenuhi dengan padang sabana dan sedikt tanaman cemara gunung yg indah.
           Sesampai dipelawangan pastikan bisa istirahat yg penuh karena medan menuju puncak lebih ekstrim lgi. Dipelawangan sembalun ini terdapat sumber mata air yg melimpah untuk kita MCK, jadi ta perlu khawatir kekurangan air.. perjalanan kepuncak memakan waktu 3-5 jam untuk pemula. jadi mau ga mau memaksa kami untuk bngun jam 02:00 WITA dan persiapan kepuncak supaya bisa sampai pukul 05:00 WITA. Medan kepuncak ini kita menemui jalur yg berpasir batu kerikil yg tajam serta kanan & kiri kita jurang, hembusan angin yg kencang. maka dari itu pakaian yg kita gunakan pun harus ekstra hangat, ta lupa juga sarung tangan, masker & kacamata untuk menghindari debu..karena banyak Turist Asing yg mendaki & jalannya selalu menimbulkan debu tebal..
               Setelah perjalanan dari puncak kita turun melalui jalur senaru dan beristirahat di segara anak Gunung Rinjani yg semulanya cma mau 1 malem aja..ga taunya pngen tambah 1 mlem lgi (betah lama2). disitu kita bisa mancing mania...komunitas ikan sebagian besar Mujaer dan Kalper. ta luput kami pun dapat sampai 50 ekor mujaer (lumayan tambahan logistik yg menipis). umpannya bisa menggunakan nasi atau makanan lain. selain itu kami juga bisa menikmati pemandian air panas yg ada ± 50 meter dari danau dan ±1 km terdapat Goa susu (yang belum sempat aku kunjungi)... benar2 syurganya para pendaki.... disini juga terdapat sumber air yg melimpah..
              Kenikmatan para pendaki gunung rinjani biasanya selalu lintas (start sembalun dan turun Senaru). dari segara anak ± 2-3 jam sampai kepelawangan senaru (hati2 karena jalurnya curam). di jalur senaru ini terdapat 5 pos. yaitu pos cemara 5 disini kita sudah mulai masuk kawasan hutan heterogen dan homogen,perjalanan ± 30 menit sampai di pos 3 senaru, disini perlu ekstra hati2 kalau kita istirahat karena banyak monyet yg berkeliaran dan sudah S3 semua (kata orang sana sih..alias pinter2) selanjutnya ± 1jam sampai ke pos 2 dan tambah 1 pos ekstra antara pos 2 ke pos 1..± 1 setengah jam sampai dipos 1 dan ± 30 menit sampai di pintu batas hutan Senaru. (terhitung waktu turun dari segara anak ke pintu hutan senaru dan waktu tersebut terhitung turun dgn jalan santai).

Puncak Gunung Rinjani

Travel Schedule
             Pukul 06:00-17:13 WIB perjalanan dari Stasiun Purwokerto menuju stasiun gubeng Surabaya KA. Logawa. Harga tiket Rp. 30.500,-. Berhubung tidak ada kereta ke Banyuwangi (sudah ketinggalan jadwal) KA jurusan banyuwangi pukul 12:00 s/d 15:00 WIB akhirnya kita menggunakan bus. Next 18:35 WIB jalan kaki menuju halte Bus kota jurusan Terminal Bungurasih biayanya Rp.3.000,- sampai (Rp.4.000,- untuk kelas patas) dan pukul 19:30 WIB sampai keterminal Bungurasih. Sesampai diterminal kami istirahat untuk makan dulu ngisi perut yg sudah keroncongan…. Selanjutnya pukul 20:55 WIB start dari Terminal Bungurasih sampai pukul 23:40 WIB diterminal Probolinggo dengan Bus Restu Rp. 14.000,- . pukul 00:30 WIB naik Bus AKAS dari terminal Probolinggo menuju terminal Banyuwangi  via Situbondo sampai pukul 05:50 WIB biayanya Rp.28.000,- Kemudian naik angkot menuju pelabuhan Ketapang biayanya Rp.5.000,- perjalanan selama ± 10 menit. Sesampai dipelabuhan kami langsung beli tiket kapal biayanya sebesar Rp.6.000,- menuju pelabuhan Gilimanuk - Bali perjalanan selama ± 30 menit. 
Alhamdulillah dapat menginjakkan ditanah dewata - Bali dan merasakan perubahan waktu dari WIB ke WITA, serta perbedaan bahasa baru asli orang Indonesia.
             Selanjutnya pukul 09:00 WITA sampai pukul 12:48 WITA perjalanan dari Terminal Gilimanuk menuju Terminal Ubung Denpasar dengan bus ¾ biayanya Rp. 25.000,-. Selanjutnya naik bus ¾ atau travel dari Terminal Ubung menuju Pelabuhan Padang Bay Bali perjalanan ± 3 jam biayanya Rp. 35.000,- jika perjalanan pagi (sebelum jam 12:00) biasanya biaya hanya Rp.25.000,-. Sesampai diPadangbay beli tiket kapal seharga Rp. 36.000,- menuju pelabuhan Lembar-Lombok perjalanan ini memakan waktu ± 5 jam..
              Sampai dilembar naik angkot atau travel menuju Terminal Mandalika Mataram biayanya Rp.15.000,- perjalanan ± 1 jam, terus naik Bus ¾ menuju pasar Aikmel dengan biaya Rp.25.000 perjalanan ± 1 jam, kemudian naik mobil Bak terbuka L300 menuju Base Camp Rinjani Tracking Center jalur sembalun lawang biayanya Rp.10.000,- perjalanan ± 2 jam..Masuk kejalur pendakian regristrasi sebesar Rp.10.000,-

Perjalanan pulang
               Sampai pada pelawangan Senaru (batas Hutan) jalan samapi keterminal Senaru naik angkot sampai ke Terminal Anyer. Biasanya angkot ada sekitar pukul 08:00 sampai 12:00 WITA selebihnya bisa naik ojek dengan biaya Rp.15.000,- sampai ke Terminal anyer. Dari Anyer naik Bus ¾ menuju Terminal Mandalika Mataram dengan biaya Rp. 20.000,-. Kemudian naik angkot atau mobil carry menuju pelabuhan Lembar Rp. 15.000,- dari lembar bisa estafet lagi atau nyari Bus jurusan Surabaya, tarif sampai banyuwangi sampai Rp.95.000,-. Atau bisa juga naik Truck kalau mau…. Target sampai bnyuwangi pagi dini hari supaya dapat KA. Sritanjung jurusan jogja karena star Pukul 06.00 WIB atau kalau telat bisa naik KA.Probowangi jurusan Banyuwangi-Probolinggo pukul 12:30 WIB biayanya Rp. 18.000,- selanjutnya bisa menggunakan jalur Bus atau transit 1 malam distasiun menunggu sampai pukul 07:00 WIB KA.Logawa jurusan Jember-Purwokerto. Biaya probolinggo-Purwokerto Rp.40.500,- perjalan ± 12 jam sampai kestasiun Purwokerto tepat pukul 19:00 WIB.

Perlengkapan Pendakian:
  1. Tas Carier min 50 liter
  2. Tenda dump
  3. Matras
  4. Sleeping Bag
  5. Jacket, pakain ganti, Masker, sarung tangan, kacamata
  6. Obat pribadi (jangan Lupa Counterpaint/balsem buat pijat, diapet juga perlu siapa tahu ada yg bocor trus)
  7. Alat penerangan (Lilin dan senter + baterai cadangan)
  8. 1 set Alat Pancing
  9. Jas Hujan (rain coat)
  10. 1 set alat masak (kompor gasmate/ trangia, nasting)
  11. Camera jangan sampe tertinggal.
  12. Tissu basah dan kering (bisa buat bersihkan nasting atau bersihin muka bisa jg buat bersihin klu lgi kebelet BAB & ga ada air....)
  13. Pisau lipat / golok.
  14. Beras Min 5 kg (untuk 4 orang slama 4 hari)
  15. Minyak Goreng (buat goreng ikan saat disegara anak)
  16. Sayur Mayur spt Kol, wortel, kentang,kacang (biar ga ngemie trus & bisa mengmbalikan stamina yg hilang)
  17. Lauk -pauk seperti sarden, telor (mudah packing besar manfaatnya)
  18. Bumbu (garam, cabai, kecap, chaos, tomat, B.merah & putih, masako)
  19. Minuman ( Gula, kopi, susu, teh, energen, marimas, nutrisari, kukubima, ale-ale, sesuai keinginan deh)
  20. Snack ( coklat, roti, buah, cemilan, dll)
  21. Madurasa / sanblock (bisa buat masker saat mau kepuncak biar ga ngelupas kulitnya)
  22. Terakhir Mie rebus dah buat backup min 10 bks (1orang)
  23. Mp3/Mp4 untuk menghibur perjalan supaya tidak borring saat mendaki..he..he..he...
Semua itu tergantung kebutuhan pribadi diri sendiri, jumlah orang & lama perjalanan. tapi itu standart minimal pendakian..agar tidak ada penyesalan saat pendakian... (Saran waktu mendaki sebaiknya dijadwal 5 - 6 hari supaya lebih merasakan indahnya karunia Allah SWT)

Waktu pendakian yang baik menurut penduduk setempat biasanya disaat musim terang (kemarau) yaitu diantara sekitar bulan Juli sampai November. karena jika memaksakan pendakian pada musim penghujan dikhawatirkan terjadinya badai angin kencang yg membahayakan pendaki, selain itu jalur pendakian juga melewati (menyebrangi) beberapa sungai yang dimungkinkan akan banjir saat musim penghujan tiba..

NB:
  1. Hati dalam setiap perjalanan karena banyak calo, jangan sampai anda tertipu & kalau ditanya jawabnya jangan sampai plin-plan...biarpun harga sewaktu-waktu bisa berubah. tapi pasti ta akan banyak. setidaknya harga diatas bisa buat acuan.karena pengalaman juga ada yg kena calo..
  2. Sebelum naik kendaraan sebaiknya ditanyakan dulu berapa tarifnya karena klu tidak bisa2 tergencat tarif mahal. tarif juga bisa ditawar sesuai acuan diatas syukur bisa lebih murah.
  3. Sebaiknya perginya bawa kru (rombongan) karena itu sangat mendukung untuk dpt tarif murah.
  4. Total biaya bisa dihitung sendiri dah....
  5. PASTIKAN Sebelum pergi kesana sudah latihan fisik sebelumnya seperti Lari-lari, Push Up, Pull Up supaya tidak ngedrop dengan jalurnya.karena Gunung Rinjani Ta sama dgn gunung yg ada dijawa atau mungkin yg lainnya.
  6. Catatan ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis..

Untukmu Rinjaniku
Pertama aku mendengarmu
Engkau begitu memukau
Menumbuhkan rasa semangatku
Menarik perhatianku untuk mengunjungimu….
                Ketika aku mengunjungimu
                Sungguh karunia Allah SWT yang sangat menakjubkan
                Dikelilingi padang sabana yang indah
                Disinari rembulan dan bintang saat malam tiba…
Semilirnya hembusan angin
Dinginnya suhu disaat malam hari
Menuntutku untuk mengenakan pakaian hangatku…
Sebagai pelindung tubuhku
                Selangkah demi selangkah
                Kupaksakan kaki ini untuk terus berjalan
                Meski semakin terasa berat carier dipundak
                Ta akan membuatku patah semangat
Mengingatkanku akan semua nasehat
Motivasi dari orang yang ada disekitarku
Membuatku mengeluarkan air mata
Air mata rasa tidak percaya
               Terimakasih dan sujud syukur untukNYA
               Ta ku sangka kalau aku bisa
               Bisa berdiri mengibarkan Bendera Merah Putih dan bendera Mapala Satriaku
               Di puncak Gunung Rinjani 3726 Mdpl


Thanks to:
  1. My Family Father and Mother yang telah memberikan izin dan uang sakunya.....
  2. My Family Mapala Satria Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
  3. Mapala Universitas Muhammadiyah Mataram special for Ady yang telah mengantar perjalan kita.. dan Wasyin yang sudah mengantar kita berbelanja Logistik.
  4. Kakaku Youlie Lombok yang sudah mengantar kita jalan2 keliling wisata pantai senggigi dan wisata kulinernya "Nasi Balap".
  5. Kawan sependakian Ady, Achmad Komeini dan Sugeng Riyadi Terimakasih Fotografernya....
  6. Dan terimakasih buat semua yg sudah memberikan bantuan, dorongan dan doa restunya...
Mohon maaf yg sebesar-besarnya jika ada kesalah redaksi ataupun penulisan yg kurang berkenan dihati anda...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda.......!!!!!!!